HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

Pentingnya Air Bersih dalam Pencegahan Stunting

  • Posted by admin
  • 25 November 2019

Sahabat Aetra, beberapa dari kita sudah familiar dengan kata “stunting” yang sering diangkat di berbagai media. Stunting adalah kondisi anak berperawakan badan lebih rendah daripada standar usianya akibat asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama. Tahukah Sahabat, saat ini Indonesia menempati posisi ke lima dengan jumlah anak pengidap stunting terbanyak di dunia. Sekitar 23 juta juta atau 30,8 persen anak Indonesia mengidap stunting. Jumlah yang sangat banyak dan melebihi ambang batas yang dikeluarkan oleh WHO, yaitu 20 persen.

Tidak hanya bertumbuh pendek dibanding usia normal, anak-anak yang mengidap stunting dapat mengalami gangguan pada perkembangan otak, fisik, metabolisme dan kecerdasan. Anak-anak akan mudah terkena penyakit sehingga menghambat kesempatan anak untuk berprestasi dan pada akhirnya dapat menurunkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Menurut riset Kementerian Kesehatan (Kemkes), stunting bisa disebabkan oleh gizi buruk (40 persen) dan tidak adanya air bersih dan sanitasi buruk (60 persen) . Mengapa air bersih dan sanitasi menjadi faktor esensial dalam pencegahan stunting? ”Karena diibaratkan anak mendapat asupan makanan bagus tapi peralatan dan airnya kotor, (maka) tidak ada penyerapan gizi di pencernaan”, hal ini seperti diungkapkan Ignasius Dwi Atmaja Sutapa, Direktur Eksekutif Asia Pacific Center for Ecohydrology United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (Apce-UNESCO).

Tidak hanya memberikan asupan gizi yang baik mulai anak dari dalam kandungan, memastikan kebersihan sanitasi dan air bersih untuk keluarga juga harus menjadi perhatian utama. Dengan kepadatan penduduk di Ibu Kota, jarak septic tank dan sumur sulit memenuhi jarak standar, sehingga sebagian besar air tanah Jakarta tercemar Bakteri E-coli dan tidak layak konsumsi. Hadirnya air perpipaan seperti Aetra Jakarta yang air bakunya berasal dari air permukaan (waduk jatiluhur) dan terjamin kualitasnya sesuai Standar Permenkes adalah solusi sehat dan praktis untuk pencegahan stunting. Terlebih dengan telah diterimanya sertifikasi Halal dari LPPOM Majelis Ulama Indonesia untuk air Aetra pada Bulan September 2019, semakin meyakinkan masyarakat agar tidak ragu lagi menggunakan air Aetra untuk berbagai kebutuhan keluarga, mulai dari MCK hingga memasak dan minum.