HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

Air Bersih Halal, Kenapa tidak?

  • Posted by admin
  • 25 September 2019

Sertifikasi Halal untuk air bersih di Jakarta cukup vital, mengingat penggunaannya mayoritas muslim dan banyak untuk konsumsi seperti industri makanan, minuman, air minum, dan memasak bagi pelanggan rumah tangga. PT Aetra Air Jakarta selaku perusahaan penyedia layanan air bersih untuk wilayah Timur Jakarta mencermati hal ini, jauh sebelum para pelanggan meminta. Hal ini karena Aetra Jakarta selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

 

"Kita melangkah lebih jauh ke depan, sebelum konsumen yang meminta. Dan kita harus pertahankan ini selamanya. Dan kita tidak hanya berhenti di sini," ungkap Edy Hari Sasono, Presiden Direktur Aetra Air Jakarta. Selain sebagai peningkatan layanan, jaminan halal pada produksi air Aetra, diharapkan semakin banyak beralih berlangganan air dan meninggalkan penggunaan air tanah yang berdampak buruk pada lingkungan.

Sistem Jaminan Halal diupayakan Aetra Air Jakarta berdasarkan atas rasa ikut tanggungjawab yang besar pada para konsumen Indonesia, karena Aetra sebagai perusahaan yang ikut memasok air bersih ke berbagai industri makanan dan minuman besar yang berada di Jakarta Timur, Jakarta Utara dan sebagian Jakarta Pusat harus ikut memastikan bahwa air produksinya yang dipakai oleh pabrik, restaurant, gerai kopi, mall, apartemen dan rumah tangga utamanya untuk mengolah makanan dan minuman sudah tersertifikasi MUI tidak terkontaminasi kandungan yang tidak halal, dan juga sudah terjamin sehat karena prosesnya sudah memenuhi standar Permenkes RI.

 

Sobat Aetra, proses untuk memperoleh Sistem Jaminan Halal pun tidaklah mudah sebab dibutuhkan beberapa tahapan, antara lain dengan membentuk sebuah tim khusus Sistem Jaminan Halal yang memiliki tugas dan tanggung jawab : Membuat rencana kerja untuk mendapatkan sertifikasi Sistem Jaminan Halal (SJH) dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Bertanggung jawab dalam menyiapkan dan mengkoordinir sumber daya yang diperlukan untuk memperoleh sertifikasi Sistem Jaminan Halal (SJH), membangun Sistem Jaminan Halal secara terintegrasi sesuai lingkup yang dipersyaratkan - meliputi untuk bahan, fasilitas dan proses produksi, produk, sumber daya manusia serta Kebijakan dan Prosedur Kerja.

 

Proses produksi air yang dilakukan oleh Aetra Air Jakarta telah melewati uji materi dari tim LPOM Majelis Ulama Indonesia. Dalam produksi air bersih, air melewati beberapa proses pengolahan yaitu penyaringan dan desinfeksi. Pada perjalanannya menuju air bersih, air yang langsung dari sungai harus ditambahkan beberapa zat salah satunya adalah karbon aktif yang digunakan untuk proses filterisasi. 

 

Kepala Bidang Informasi Halal LPOM MUI, Farid Mahmud mengungkapkan jaminan status kehalalan air pipa sangat penting untuk Pelanggan.  Hal ini juga sejalan dengan pemberlakuan UU Nomor 23 Tahun 2013 tentang Jaminan Produk Halal.

Aetra Air Jakarta  sudah selangkah di depan mengantisipasi pemberlakuan aturan ini," terang Farid.

 

 

Menurut Farid Mahmud, ada 3 alasan mengapa status kehalalan air perpipaan sangat penting untuk Pelanggan:

  1. Alasan pertama: Yuridis, dimana akan diberlakukan UU Nomor 23 tahun 2013, dimana mulai bulan Oktober 2019 semua produk konsumsi yang beredar di Indonesia harus bisa menunjukan status kehalalannya.
  2. Alasan kedua: Etis. Banyak air yang sudah disalurkan Aetra Air Jakarta digunakan untuk kebutuhan konsumsi, sehingga perusahaan memiliki kewajiban menyediakan produk yang halal yang bisa diterima pelanggan.
  3. Alasan ketiga: Bisnis. Ada banyak kasus setelah dilakukan sertifikasi halal, ada tren kenaikan pelanggan. Ini tak hanya menyangkut peningkatan layanan dan kepuasan pelanggan, tapi juga jadi customer acquisition (penambahan pelanggan). Sehingga ada peningkatan kesadaran, masyarakat yang selama pakai air tanah bisa beralih jadi pelanggan karena percaya kualitas airnya terjaga dan kehalalannya terjamin.

 

Produksi air bersih Aetra Air Jakarta saat ini sudah mencapai 10.800 liter per detik, dengan cakupan pelanggan lebih dari 450.000 sambungan di Timur Jakarta.

Sahabat, dengan mendapatkan sertifikasi Sistem Jaminan Halal dari LPOM Majelis Utama Indonesia (MUI) pada tanggal 05 September 2019 yang dilakukan bersamaan dengan momen peringatan Hari Pelanggan Nasional, maka kini semakin yakin menggunakan air bersih dan sehat produksi Aetra Air Jakarta untuk keperluan sehari-hari, mulai dari air minum sampai dengan kebutuhan sanitasi, karena air bersih dan sehat Aetra Air Jakarta tidak hanya terjamin dari sisi kualitas, tetapi juga proses kehalalannya.