HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Berita

AETRA PASANG KRAN AIR SIAP MINUM DI RSUN Dr. CIPTOMANGUNKUSUMO

  • Posted by Aetra
  • 22 November 2019

Bertepatan dengan Hari Jadi Rumah Sakit Umum Nasional Dr. Ciptomangunkusumo (RSCM) yang ke-100, PT. Aetra Air Jakarta selaku perusahaan penyedia air bersih di wilayah timur Jakarta melakukan pemasangan dua unit keran air siap minum yang dapat digunakan oleh semua pengunjung Rumah Sakit.

 

Dua unit keran air siap minum yang dipasang Aetra kali ini berbeda dari biasanya, karena bentuknya tidak seperti keran air minum biasanya, melainkan menyerupai dispenser air minum yang biasa diketahui masyarakat. Presiden Direktur Aetra Air Jakarta, Edy Hari Sasono menyampaikan bahwa desain menyerupai dispenser memang sengaja dibuat, agar kedepannya masyarakat terbiasa menggunakan air perpipaan.

 

“Dengan begitu bisa dianggap seperti di rumah saja, padahal isinya air perpipaan. Nanti lama-lama masyarakat akan mengerti bahwa air perpipaan ternyata aman dikonsumsi karena terjamin dan terjaga kualitasnya, sehingga masyarakat luas tidak perlu khawatir mengkonsumsinya. Pihak Aetra Air Jakarta selalu melakukan pengolahan dan pengujian kualitas air di laboratorium yang dimilikinya sebelum air perpipaan tersebut dialirkan dan bisa dikonsumsi pengunjung RSCM” ungkapnya ditengah-tengah peresmian pada hari Selasa, 19 November 2019.

 

Pemasangan keran air siap minum di RSCM ini merupakan salah satu implementasi CSR Aetra Air Jakarta akan kepedulian akses air yang bersih,  sehat  dan layak dikonsumsi bagi masyarakat. Selain di RSCM, keberadaan keran air siap minum ini juga telah terpasang oleh Aetra Air Jakarta di beberapa lokasi titik institusi pendidikan, area perkantoran dan rumah ibadah.

 

“Aetra ingin menyosialisasikan bahwa air siap minum ini dapat ditemukan di mana saja dan yang tepenting mudah diakses sehingga banyak manfaatnya. Sekaligus mensosialisasikan banyaknya manfaat dari air perpipaan ” tambah Edy Sasono.

 

Terobosan-terobosan yang dilakukan PT. Aetra Air Jakarta ini selain untuk lebih mendekatkan manfaat air perpipaan bagi masyarakat juga untuk mengurangi sampah plastik yang banyak dihasilkan dari kemasan minuman.

 

Dalam kesempatan yang sama saat peresmian kran air minum di RSCM, Direktur Utama PAM Jaya, Priyatno Bambang Hernowo menyampaikan sampai dengan tahun 2019 ini, sebanyak 45 titik keran air minum telah dipasang dengan titik lokasi yang bervariasi, mulai dari stasiun-stasiun MRT, Puskesmas, Sekolah, Rumah Ibadah, Museum, Area Bandara Halim Perdanakusuma dan kini terpasang di Rumah Sakit Umum Nasional.

 

 

 

Bambang Hernowo menyampaikan bahwa target PAM Jaya ada 75 titik yang akan dipasang keran air siap minum. Penambahan titik lokasi keran air siap minum ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan air kemasan plastik.  “Kami juga ingin melestarikan lingkungan, artinya ada konversi penggunaan botol plastic ke tumbler. Jadi tidak ada botol sekali pakai” ungkapnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Dirut PAM Jaya juga menghimbau masyarakat untuk tidak lagi ragu mengkonsumsi air perpipaan siap minum. Karena kualitas air perpipaan itu sendiri telah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 492 tahun 2010 tentang persyaratan kualitas air minum.

 

Dan untuk produksi Aetra Air Jakarta saat ini telah mendapatkan sertifikasi Sistem Jaminan Halal dari Majelis Ulama Indonesia dengan Grade tertinggi.