HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Berita

Komitmen Aetra Beri Pelayanan Air Bersih Selama Musim Kemarau

  • Posted by Aetra
  • 16 October 2019

Meskipun saat ini Jakarta tengah mengalami musim kemarau dan kekeringan panjang, namun berdasarkan data Aetra Jakarta pada semester I tahun 2019 menunjukkan bahwa 55,6% pelanggannya tetap mendapatkan pasokan air bersih dengan tekanan yang  stabil, bahkan cukup tinggi yakni diatas 0,75 bar.

 

Tekanan air yang stabil bahkan cukup tinggi mengalir ke rumah pelanggan  merupakan sebuah capaian yang membanggakan bagi perusahaan penyedia air bersih. Selain hal ini menunjukkan bahwa Aetra Air Jakarta senantiasa berkomitmen dalam memberikan keterjaminan kontinuitas dan kualitas suplai air bersih meskipun di tengah kondisi musim kemarau yang panjang ini.

 

Salah satu penyebab stabilnya pemenuhan pasokan air bersih bagi pelanggan antara lain karena air baku yang diolah Aetra Jakarta diambil langsung dari air permukaan di Waduk Jatiluhur, yang selanjutnya dialirkan sepanjang 70 km melalui saluran terbuka. Hal ini menunjukkan bahwa 100%  baku Aetra Air Jakarta tidak diambil dari air tanah.

 

Berbagai upaya  dilakukan Aetra Air Jakarta untuk mengantisipasi dan penanganan kekurangan air di musim kemarau panjang, antara lain dengan telah melakukan koordinasi bersama Pemprov DKI Jakarta melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) bersama PAM Jaya dan secara aktif terlibat dalam Satuan Tugas (Satgas) Air Bersih. Satgas ini dibentuk Pemprov DKI Jakarta untuk menyelesaikan masalah kebutuhan air bersih dalam kondisi darurat seprti bencara kekeringan, kebakaran dan banjir.

 

Issue penyelamatan lingkungan yang akhir-akhir ini marak digaungkan menyebutkan bahwa pengambilan air tanah secara berlebihan akan berdampak pada penurunan muka tanah dan penurunan kualitas air serta ketersediaan air tanah yang semakin berkurang.

 

Pengakuan salah satu pelanggan Aetra dari Jakarta Timur, Bapak M.Natsir senang karena tetap mendapatkan akses air bersih melalui perpipaan, meskipun dalam kondisi kemarau panjang. Selain pasokan air bersih yang stabil, Bapak M. Natsir juga mengapresiasi Aetra Air Jakarta yang telah memasang fasilitas keran air siap minum di beberapa titik lokasi. Salah satu diantaranya di salah satu Masjid dekat tempat tinggalnya. Pak M.Natsir berpendapat bahwa pemasangan fasilitas keran air siap minum juga menjadi salah satu media edukasi  untuk mengkampanyekan penggunaan air perpipaan dan mulai mengalihkan pemakaian air tanah.

 

Lebih lanjut, sebagai bentuk komitmen Aetra Air Jakarta dalam Mengutamakan Pelanggan, dibuktikan dengan perolehan sertifikasi Sistem Jaminan Halal (SJH) dari LPOM MUI dengan perolehan Grade A untuk pengolahan Air Buaran dan Pulogadung.