HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

WASPADAI ANCAMAN PENYAKIT DI MUSIM KEMARAU

  • Posted by admin
  • 15 August 2018

Sahabat, cuaca di musim kemarau yang semakin panas dan gerah, udara terasa kering, serta angin malam menjadi lebih dingin dari biasanya merupakan pertanda bahwa saat ini sudah memasuki musim kemarau. Dalam kondisi cuaca yang seperti ini, memungkinkan bagi kita terserang penyakit apabila daya tahan tubuh kita sedang tidak dalam kondisi yang baik. Berikut jenis penyakit yang bisa saja muncul saat musim kemarau.

 

1. ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas)

Ketika musim kemarau tiba, hujan bisa saja tidak turun dalam waktu yang lama sehingga debu-debu yang bertebaran di udara berpotensi mengakibatkan iritasi pada saluran pernapasan, sehingga Anda berisiko mengalami ISPA.

 

2. Diare

Tidak hanya ketika musim hujan datang, diare juga umum ditemui saat musim kemarau. Saat musim kemarau, kualitas air menjadi terganggu sehingga memengaruhi pasokan air bersih yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti penggunaan untuk proses mencuci makanan dan peralatan masak dan makan. Padahal, kebersihan makanan yang bebas dari kuman penyakit bergantung dari kualitas air.

 

3. Tifus

Tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii. Penyakit ini sering ditularkan melalui konsumsi makanan yang tercemar bakteri salmonela. Pencemaran makanan dapat terjadi akibat terdapat binatang seperti lalat di sekitar makanan.Lalat bisa saja membawa bakteri salmonela saat hinggap di makanan jika sebelumnya menghinggapi feses. Pada akhirnya, keadaan tersebut dapat meningkatkan risiko Anda terkena tifus, yang gejalanya adalah demam, sakit kepala, nyeri sendi, sembelit, diare, penurunan nafsu makan, dan nyeri perut.

 

Lebih baik mencegah, daripada mengobati, begitulah kata pepatah. Saat musim penghujan maupun musim kemarau ada baiknya kita tetap menjaga kesehatan tubuh kita dengan menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. Akan tetapi tidak ada salahnya pula untuk menambah amunisi agar daya tahan tubuh semakin membaik. Berikut cara-cara sederhana yang dapat Sahabat coba agar terhindar dari penyakit.

 

1. Pastikan Anda rajin membersihkan lingkungan rumah dengan membersihkan sarang debu dan menjaga sirkulasi udara ruangan dengan ventilasi yang memadai.

 

2. Selalu gunakan masker saat berpergian ke luar untuk mencegah mencegah serangan ISPA. Jika seseorang di tempat yang ramai menderita ISPA, ia dapat dengan mudah menulari orang-orang di sekitarnya.

 

3. Penting untuk diketahui bahwa kebiasaan rajin mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah dari toilet, dan setelah menyentuh benda-benda yang kotor bisa melindungi Anda dari terjadinya diare dan penyakit lain yang dapat disebabkan oleh bakteri.

 

Selain tiga cara di atas, selalu pastikan air yang Anda gunakan untuk sehari-hari bersih dan aman digunakan seperti Air Aetra Jakarta, karena kurangnya pasokan air bersih pada musim kemarau dapat membuat lingkungan relatif lebih kotor, yang pada akhirnya menjadi tempat yang ideal untuk kuman dan bakteri berkembang.