HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

TIPS MERAWAT TANAMAN DI MUSIM KEMARAU

  • Posted by admin
  • 15 August 2018

Sahabat, pasti sudah tahu kan bahwa setiap tahunnya Indonesia mengalami dua musim; musim kemarau dan musim penghujan. Saat musim penghujan tiba, air akan berlimpah dan Sahabat tidak perlu khawatir mengalami keterbatasan air maupun kekeringan. Namun bagaimana saat musim kemarau datang dan tanah mulai mengering? Adakah cara untuk menjaga tanaman tetap hijau dan segar? Tentu saja ada, berikut tips mudahnya!

 

1. Hindari paparan sinar matahari

Matahari musim kemarau sangat terik sehingga dapat mempercepat terserapnya air pada pot tanaman. Pindahkanlah tanaman ke bagian yang tak terpapar sinar matahari langsung. Anda bisa membiarkannya terpapar sinar hanya saat pagi dan sore, sedangkan menjelang siang dan ketika sinar matahari sangat terik, Anda bisa menyimpannya di bagian rumah yang sejuk.

 

2. Perhatikan penyiraman

Siram tanaman di pagi dan sore hari. Sebab di siang hari, air akan menguap sebelum meresap ke dalam tanah dan disimpan akar tanaman. Siram tanaman dengan banyak air dan teratur daripada sedikit namun sering. Kekurangan air akan membuat akar menembus tanah terlalu dalam dan membuat tanaman menderita.

 

Kenali karakter tanaman Anda. Apakah tanaman tersebut termasuk ke dalam tanaman yang membutuhkan banyak air atau tidak? Pastikan saat kemarau pun, Anda tidak menyiram tanaman secara berlebihan sehingga tanaman tidak overwatered karena tanaman yang overwater akan membuat akar tanaman cepat membusuk.

 

3. Memilih jenis tanaman

Pilih tanaman yang bisa bertahan di saat musim kemarau datang dengan galian tanah yang lebih dalam. Dengan demikian, akar tanaman akan lebih mudah menyimpan air lebih banyak, seperti kaktus, bunga kertas, bunga kamboja, lidah mertua, pohon palem dan lain-lain.

 

Kekeringan yang terjadi saat musim kemarau tiba, biasanya akan menyebabkan tanaman di kebun Sahabat layu dan mengering. Daun akan mulai keriput, kering, dan kekuningan sehingga tidak lagi sedap dipandang. Untuk mencegah tanaman kesayangan Anda mengalami kekeringan, pastikan air yang diberikan cukup tersedia dan apabila tidak, Sahabat dapat menggunakan cara ini sebagai alternatif:

 

A. Simpan sebagian air hujan

Saat musim kemarau, mungkin sekali dua kali terjadi hujan. Anda dapat mengeceknya melalui informasi BMKG atau aplikasi cuaca di gadget aja. Jika memang waktunya tak lama lagi, Anda bisa melakukan beberapa persiapan dengan wadah besar untuk menampung sebagian air hujan, namun gunakan penyaring yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman nantinya.

 

B. Gunakan air AC

Kumpulkan air AC setiap harinya saat AC menyala, misalnya dengan menggunakan wadah ember atau salurkan langsung selangnya ke arah taman Anda. Manfaatnya, air yang biasanya digunakan untuk menyiram tanaman dapat Anda gunakan untuk kebutuhan lainnya.

 

C. Jangan buang es di dalam freezer

Saat Anda membersihkan kulkas serta mengambil bunga es yang sudah bertumbuh, kumpulkan bunga es dan air bekas lelehan es kulkas di dalam ember. Air bekas es ini dapat Anda gunakan untuk menyiram tanaman.

 

Selayaknya pada manusia, ketersediaan air sangat berpengaruh pada kesegaran tanaman. Maka dari itu pastikan kebutuhan air pada setiap tanaman Anda tercukupi. Semoga tips-tips di atas dapat membantu Sahabat menjaga agar tanaman di halaman Anda tetap indah walaupun saat musim kemarau. Selamat mencoba!