HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

Menjaga Kebersihan Tangan, Langkah Awal Hidup Sehat

  • Posted by admin
  • 16 February 2017

Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering kita gunakan, mulai dari memegang makanan hingga menyiram toilet. Ragam aktivitas ini tentu mengakibatkan peningkatan jumlah bakteri di tangan. Tahukah Sahabat bahwa dalam setiap sentimeter permukaan tangan kita terdapat lebih dari 1.500 bakteri? Hal ini dapat terjadi karena pada tas jinjing yang kita bawa pun bisa memiliki 10.000 bakteri dalam setiap inci perseginya.

 

Bakteri dapat berpindah dari tangan yang kotor ke pegangan pintu, handphone, orang lain, bahkan bisa menyebar ke tubuh kita sendiri melalui sentuhan-sentuhan yang tidak disadari pada mata, hidung dan mulut. Kuman yang menyebar dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diare, infeksi saluran pernafasan, infeksi mata dan kulit.                                                                              

 

Lalu, bagaimana cara mencegahnya?

WHO (World Health Organization / Organisasi Kesehatan Dunia) memberi panduan beberapa cara untuk menjaga kebersihan tangan:

 

1) Menggosok tangan (hand rubbing) dengan cairan berbahan dasar alkohol ketika tidak ada kotoran yang terlihat pada tangan.

2) Mencuci tangan (hand wash) dengan sabun dan air, terutama setelah dari toilet.

3) Handrub dilakukan selama 20-30 detik sedangkan handwash 40-60 detik.

4) 5 kali melakukan handrub sebaiknya diselingi 1 kali handwash

 

Solusi praktis untuk menjaga kebersihan tangan setiap saat adalah selalu membawa hand sanitizer dalam tas sehingga membersihkan tangan dapat dilakukan sewaktu-waktu dan kelebihannya adalah kita bisa sekaligus menghemat pemakaian air. Pilih hand sanitizer yang mengandung kadar alkohol antara 60%-95% agar efektif membunuh kuman.

 

Meskipun demikian, tidak disarankan untuk hanya membersihkan tangan dengan hand sanitizer saja. Air yang mengalir dan sabun tetap yang terbaik untuk membersihkan tangan dari kotoran, minyak, bakteri dan kuman. Namun perlu diingat selain memastikan air yang digunakan bersih dan bebas kontaminasi, usahakan tetap menggunakan air seperlunya saja ya, Sahabat.

 

Jangan lupa untuk menutup keran air selama kita membasuh tangan dengan sabun atau buka keran hanya setenganya saja agar lebih menghemat air.

 

Nah, sekarang Ikuti langkah-langkah mencuci tangan yang benar di bawah ini ya: