HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

Air dan Tubuh Manusia

  • Posted by admin
  • 8 February 2017

Kandungan air dalam tubuh manusia adalah sekitar 60% – 70% dari berat tubuh. Air sangat penting bagi organ-organ dalam tubuh untuk bekerja dengan baik. Apabila tubuh kekurangan cairan, agar tetap dapat menyeimbangkan kadar air, maka tubuh secara otomatis akan mencari jalan mengambil sumber air dari komponen tubuh sendiri antara lain dari darah, akibatnya kadar air dalam darah akan berkurang dan darah menjadi kental. Pada akhirnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat – zat makanan akan terganggu.

 

Saat melewati otak, perjalanan darah akan terhambat, sel – sel otak yang seharusnya menerima asupan zat – zat makanan dan oksigen tidak dapat berjalan optimal dan lebih cepat mati. Keadaan seperti ini yang menyebabkan timbulnya penyakit stroke. Tidak hanya itu sahabat, ketika darah dalam keadaan kental dan melewati ginjal, maka ginjal akan kesulitan melakukan tugasnya sebagai filter racun karena saringan pada ginjal sangat halus. Ginjal menjadi harus bekerja sangat keras untuk melakukan fungsinya menyaring racun apabila kondisi darah terlalu kental. Apabila hal ini terjadi terus menerus maka ginjal dapat rusak dan harus mengalami cuci darah (hemodialisis).

 

Begitu krusialnya peran air dalam tubuh kita, maka pedoman untuk selalu menjaga asupan air yang cukup dengan minum minimal 8 gelas perhari adalah keharusan. Karena tanpa kita sadari, kita pun kehilangan cairan melalui keringat, urin, feses bahkan saat bernapas hingga 1,5 liter per hari.

 

Nah, coba ikuti beberapa tips di bawah ini untuk mencukupi asupan cairan harian kita sehingga organ-organ dalam tubuh tetap dapat bekerja dengan baik:

 

1. Siapkan botol air minum bening di meja kerja maupun di dalam tas

Usahakan minum secara teratur meskipun tidak saat haus. Gunakan botol berwarna bening agar

 

2. Makan buah berair atau smoothie sayuran

Agar tak bosan mengonsumsi air, kita bisa mendapatkan cairan dari buah-buahan dan sayuran yang kaya air seperti mentimun, melon, seledri, semangka, tomat dan sebagainya.

 

3. Minum air putih setiap kita makan, termasuk saat makan snack atau cemilan.

 

4. Minum air putih sebelum tidur dan pada saat bangun pagi

 

5. Tambahkan rasa buah-buahan pada air (Infused Water)

Keharusan meminum air putih terus menerus terkadang membuat kita bosan, nah Sahabat bisa menambahkan irisan buah-buahan favorit ke dalam air putih (contohnya irisan strawberry, lemon, timun, dll) dan masukkan dalam kulkas. Jangan lupa beri daun mint ya, Sahabat. Kesegarannya dijamin bikin kita dengan sukacita meminumnya J

 

6. Jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein, seperti teh dan kopi, karena bersifat diuretik yang bisa menyebabkan dehidrasi karena hilangnya cairan saat terlalu banyak mengeluarkan cairan saat buang air kecil

 

7. Minum air kelapa

Minum air kelapa satu gelas sehari membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena mengandung elektrolit alami

 

8. Tambah asupan minum saat berolahraga

Saat kita melakukan aktivitas yang berat, seperti olahraga, tubuh kita paling banyak kehilangan cairan. Cegah dehidrasi dengan menambah asupan minum anda ya, sahabat