HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

Hati-hati dengan Botol Plastik Air Mineral

  • Posted by admin
  • 15 August 2017

Sahabat, kamu sering menggunakan botol plastik bekas air mineral berulang-ulang untuk wadah air minum atau lainnya? Hati-hati karena hal itu berbahaya!!! Mengapa berbahaya? Karena dalam mayoritas kemasan air minum mineral terdapat sekitar 100,000 mikroba yang tertidur. Apabila botol plastik air mineral terpapar sinar matahari atau suhu di atas 50° C, mikroba akan teroksidasi lalu berkembang biak dan bisa menjadi patogen yang berbahaya bagi tubuh. Untuk itu penting sekali untuk menyimpan botol plastik air mineral di tempat yang sejuk dan langsung dihancurkan/diremas saat sudah selesai terpakai. 

 

Lalu, apakah semua botol plastik tidak aman digunakan berkali-kali? Tidak semua tentunya. Botol plastik yang memang diperuntukkan untuk wadah air minum aman untuk digunakan berkali-kali. Pastikan botol plastik tersebut bertuliskan “BPA-free” atau “No-BPA”, lalu terbuat dari PET (polyethylene terephthalate), polypropylene atau polyethylene, dan berkode daur ulang, 1, 2, 4, dan 5. Pilih yang tidak tembus cahaya, berwarna transparan dan bukan yang berwarna atau buram untuk menghindari risiko kecil dari zat pewarna yang ditambahkan pada plastik. Setelah selesai menggunakan botol plastik tersebut cuci bersih dengan sabun dan air hangat lalu keringkan agar bakteri tidak mudah bersarang di dalamnya.

Selalu cermat dalam memilih botol atau wadah plastik untuk minuman dan makananmu ya, Sahabat. J

 

Disusun dari berbagai macam sumber

https://health.detik.com/read/2015/08/25/200024/3001149/763/berapa-kali-botol-air-minum-kemasan-bisa-dipakai-ulang-untuk-tempat-minum

http://health.liputan6.com/read/703457/botol-plastik-minuman-jangan-dipakai-berkali-kali-bahaya

https://food.detik.com/info-sehat/d-3139105/apakah-botol-air-mineral-aman-dipakai-berulang

http://citizen6.liputan6.com/read/2193453/bahaya-memakai-botol-plastik-bekas-air-kemasan