HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

10 Langkah Populer Mengurangi Limbah Plastik di sekitar kita

  • Posted by admin
  • 15 December 2016

Tahukah Sahabat Aetra bahwa Indonesia saat ini adalah negara kedua penghasil limbah plastik terbanyak di dunia setelah Tiongkok? Tentu kita tidak perlu bangga untuk “prestasi” ini. Sampah plastik yang membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga dapat terurai dengan sempurna ini adalah ancaman berat bagi lingkungan mulai dari daratan hingga ke sungai, danau sampai ke pantai dan laut.

 

Kota Jakarta juga berjibaku dalam mengatasi limbah plastik yang dibuang sebanyak 7500 ton setiap harinya, sementara tempat pembuangan sampah kurang memadai. Kebanyakan sampah plastik berakhir di sungai-sungai maupun terkubur di tanah yang pada akhirnya akan mencemari air tanah.

 

University of Minnesota pernah membawa sampel air minum di Jakarta dan hasilnya menunjukkan bahwa 76 persen air minum di Ibu Kota sudah tercemar mikroplastik (partikel tidak lebih dari 1 mm yang berasal dari bahan baku plastik dan kosmetik). Mikroplastik ini berasal dari serat sintesis pakaian, debu serpihan ban, cat jalan, sampah plastik, dan microbeads (bahan pembersih wajah).

 

Apabila air tanah yang telah tercemar tersebut terminum oleh manusia akan berdampak buruk pada  kesehatan. Salah satu contohnya saja, apabila air minum tercemar bahan pembuat plastik seperti High Density Polyethilene misalnya, dapat mengakibatkan kanker dan kelainan di organ reproduksi. 
 

Kita perlu berbuat sesuatu untuk mengatasi hal ini, langkah kecil yang kita ambil untuk mengurangi limbah plastik dapat dimulai dengan membaca 10 langkah di bawah ini:

  1. Bawa selalu dan gunakan tas belanja yang dapat dipakai berulang kali
  2. Kurangi membeli produk – produk dalam kemasan plastik
  3. Kurangi mengkonsumsi minuman dan makanan dalam kemasan plastik
  4. Gunakan tempat makanan yang dapat dipakai ulang
  5. Hindari wilayah produk beku di bagian supermarket karena biasanya produk – produk tersebut dikemas dengan menggunakan plastik
  6. Bawa Tumbler kamu ke kedai kopi atau restoran yang memungkinkan hal ini dilakukan
  7. Kurangi menggunakan sedotan karena ditengarai sedotan adalah sampah plastik yang paling banyak ditemui di lautan
  8. Gunakan popok kain bagi mereka yang memiliki bayi dan balita
  9. Gunakan toples dari wadah kaca untuk tempat cemilan
  10. Hindari menggunakan perawatan wajah/kosmetik yang mengandung microbeads

 

Share tips ini ke teman dan keluarga ya Sahabat