HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

Rumah Aman, Mudik Nyaman

  • Posted by admin
  • 1 June 2018

Perayaan lebaran di Indonesia selalu dekat dengan budaya mudik. Momen ini dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat yang tinggal di kota besar untuk kembali dan merayakan lebaran di kampung halaman. Masalah sebagian besar pemudik selain harus siap melawan kemacetan, juga harus memastikan keamanan rumah mereka. Tidak jarang kosongnya rumah dimanfaatkan oleh pencuri yang sengaja menyasar rumah-rumah yang ditinggal mudik. Masalah lain yang menghantui rumah-rumah kosong adalah kebakaran rumah akibat kebocoran gas atau konsleting listrik, Hal ini lah yang membuat pemudik merasa was-was dan khawatir untuk meninggalkan rumah.

 

Ikuti tips-tips meninggalkan rumah berikut agar silaturahmi anda berjalan lancar dan nyaman:

 

1. Menguci Semua Pintu dan Jendela

Sebelum meninggalkan rumah pastikan seluruh pintu dan jendela dalam keadaan terkunci. Barang dan surat-surat berharga disimpan di tempat yang aman dan memiliki pengamanan rangkap. Jangan meninggalkan kunci penting seperti kunci motor, mobil dan lemari di rumah. Hindari kebiasaan meletakkan kunci cadangan dibawah pot, di bawah keset, karpet atau di tempat lain yang mudah dijangkau oleh penjahat. Pada pintu bagian depan, usahakan tidak menggunakan gembok yang mencolok. Gembok yang terlihat dari luar akan menarik perhatian penjahat, karena pintu yang tergembok menandakan rumah dalam keadaan kosong.

 

2. Mematikan listrik dan mencabut gas

Kekhawatiran yang lain selain pencurian, kebakaran pun menghantui selama kita meninggalkan rumah untuk mudik. Untuk menghindari resiko kebakaran akibat kenaikan daya yang menyebabkan konsleting listrik, matikan semua perangkat elektronik yang tidak diperlukan, cabut kabel dari stop kontak. Jangan lupa mencabut selang regulator dari tabung gas dan kompor untuk menghindari kebocoran gas.

 

3. Buat rumah seolah-olah tidak mudik

Untuk mengelabui penjahat, Anda dapat memebuat seolah-olah rumah Anda berpenghuni, seperti menyalakan lampu depan dan lampu kamar. Lampu menyala mungkin akan membuat tagihan listrik Anda sedikit membesar karena akan menyala selama 24 jam tanpa henti. Namun, jika itu memang baik untuk keamanan rumah Anda, kenapa tidak?

 

4. Mematikan saluran utama PAM dan keran air

Sebelum pergi pastikan saluran utama PAM dan keran tidak mengalir. Selain untuk menghindari tagihan yang membengkak, juga untuk menghindari terjadinya kebocoran. Untuk mengetahui adanya bocor instalasi dalam, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mematikan keran yang ada di seluruh rumah dan membuka keran sesudah meter air. Apabila hal di atas sudah dilakukan, namun jarum pada meter air masih berputar, maka ada indikasi terjadi bocor instalasi dalam di rumah Anda. Segera lakukan perbaikan dengan memanggil teknisi instalasi. Jangan lupa juga untuk memastikan tagihan air bulan ini sudah terbayar sehingga saat Anda kembali ke rumah, meter air tetap dapat digunakan dan tidak tersegel.

 

5. Melapor kepada ketua RT

Laporkan apabila sekeluarga akan mudik dan rumah dalam keadaan kosong, agar penjaga keamanan maupun tetangga dapat membantu mengawasi kondisi rumah anda.

 

Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah berdo’a kepada Tuhan YME agar perjalanan mudik diberikan kelancaran dan keselamatan, juga rumah yang ditinggal dalam keadaan aman. Selamat mudik, sahabat! :)