HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

Sahabat, Yuk Kenali Kelompok Pelanggan Anda

  • Posted by admin
  • 9 July 2017

Sahabat, Kelompok pelanggan adalah satu hal yang dapat memengaruhi besaran tagihan air Anda selain jumlah pemakaian air. Bagi sahabat yang sudah menjadi pelanggan Aetra, terkadang bertanya-tanya mengapa tagihan airnya berbeda dengan para tetangga meski pemakaian airnya kurang lebih sama. Jawabannya antara lain karena kelompok pelanggannya berbeda.

Mengapa ada Kelompok Pelanggan?

Seperti di rumah sakit, bila Anda dirawat di ruang VIP sebuah rumah sakit, maka Anda akan dikenakan besaran tarif yang berbeda dari kelas lainnya. Begitulah perumpamaan kelompok pelanggan, sama seperti kelas-kelas kamar dalam layanan rumah sakit.

Apa tujuan adanya Kelompok Pelanggan ?

  • Prinsip Keadilan

Sebagaimana layanan ruang VIP sebuah rumah sakit yang mensubsidi pasien yang dirawat di ruang perawatan lainnya, layanan suplai air pun mengenal pengelompokan pelanggan untuk subsidi antar pelanggan. Semua ini prinsipnya adalah azaz keadilan.

  • Subsidi silang

Melalui pengelompokan pelanggan yang tepat, sesuai dengan kondisi dan lingkungan tempat tinggal pelanggan maka dapat membantu pemerintah dalam menjalankan subsidi silang yang memenuhi prinsip keadilan.

Yang memenuhi prinsip keadilan yang dimaksud adalah meletakkan pelanggan pada kelompok yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Misalnya, pelanggan kelompok 1 yang menikmati subsidi dari kelompok lainnya, ternyata dalam perjalanan waktu kondisi rumahnya berubah menjadi rumah mewah namun masih tetap di kelompok I, tentu ini tidak adil.

Itulah mengapa sesuai regulasi Perda No 11 Tahun 1993 pelanggan harus melaporkan perubahan bangunannya pada Aetra. Sebaliknya, Aetra pun melakukan survei ke pelanggan untuk melihat kondisi terakhir properti pelanggan apakah masih berada pada kelompok yang sesuai.

Secara ringkas tujuan adanya pengelompokan pelanggan ini adalah :

  • Memastikan pelanggan berada pada kelompok yang benar, sehingga pelanggan membayar dengan tarif sesuai dengan fungsi dan peruntukan bangunannya.
  • Memastikan proses subsidi silang berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Mengurangi keluhan pelanggan mengenai tariff air

Apa Saja Kelompok Pelanggan itu ?

Definisi Kelompok Pelanggan ditetapkan oleh PAM Jaya. Saat ini pelanggan dikelompokkan dalam Kelompok I, II, III A, IIIB, IVA, dan IVB, serta kelompok Khusus. Pemerintah dalam hal ini Gubernur DKI Jakarta menetapkan tarif air dengan menggunakan Kelompok Pelanggan dan blok pemakaian air atau tarif progresif (blok 0-10 m3, 11-20m3, serta >20 m3). Semakin tinggi kelompok pelanggan dan semakin besar blok pemakaian akan memengaruhi tagihan pelanggan.

Di dalam masing-masing kelompok pelanggan, terbagi lagi ke dalam beberapa golongan pelanggan yang masing-masing memiliki kode tariff. Namun, golongan pelanggan dan kode tariffnya tidak lagi memengaruhi tagihan yang dikenakan, sebagaimana Kelompok Pelanggan. Contoh, pada pelanggan Kelompok III b terdapat golongan pelanggan: rumah tangga menengah (2A3), lembaga swasta non komersil (2E1), kios/warung (3A), bengkel kecil (3b1), usaha kecil (3c1), usaha kecil dalam rumah tangga (3D1), serta rumah susun menengah (5F3).

Bagaimana Cara Penetapan Kelompok Pelanggan?

Ada dua macam faktor yang memengaruhi pengelompokan pelanggan, yaitu berdasarkan

  • Fungsi bangunan
  • Peruntukan bangunan.

Untuk pelanggan rumah tangga (reguler) umumnya ditentukan berdasarkan fungsi bangunan dengan parameter luas bangunan, kondisi lingkungan perumahan, kualitas bangunan, serta aktivitas usaha bisnis dalam rumah tangga tersebut.

Sedangkan untuk Pelanggan non reguler ditentukan berdasarkan peruntukan bangunannya dengan parameter skala usaha dalam properti dan kondisi properti tersebut

Pesatnya perkembangan Kota Jakarta karena pertambahan jumlah penduduk membawa dampak perubahan bangunan-bangunan itu sendiri. Sebuah rumah, yang tadinya hanya menjadi tempat tinggal biasa beralih menjadi ruko, atau rumah dengan kegiatan usaha di dalamnya. Atau tadinya sebuah rumah di lingkungan pemukiman sederhana bertahun kemudian lingkungannya sudah menjadi pemukiman yang berkembang. Semua ini akan memengaruhi pengelompokan pelanggan.

Apa Dasar Regulasi Penetapan Kelompok Pelanggan?

Kelompok pelanggan ditetapkan berdasarkan :

  • Joint Agreement PAM Jaya –Mitra Swasta 14 Juni 2005
  • Pergub DKI no 11 tahun 2007 tentang Penyesuaian Tarif Otomatis Air Minum
  • Pergub no 10 tahun 2016 tentang perubahan atas peraturan Gubernur No 11 tahun 2007 tentang Penyesuaian Tarif Otomatis (PTO) Air Minum semester 1 tahun 2007
  • Permendagri No. 2 tahun 1998 tentang Pedoman PenetapanTarif Air Minum pada Perusahaan Daerah Air Minum.
  • UU Perlindungan Konsumen ( UU No. 8 tahun 1999) Pasal 4 poin g yaitu Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.

Tarif Progressif

Di samping mengenal kelompok pelanggan, tarif air juga mengenal tarif progresif, yaitu semakin banyak penggunaan air maka harga air pun semakain naik. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan dapat mengatur penggunaan air sehingga pemerintah dapat mencapai program penghematan air, melestarikan lingkungan.

Dalam rangka mendukung prinsip keadilan dalam mekanisme subsidi silang yang tepat, jangan lupa untuk sahabat yang tempat tinggalnya mengalami alih fungsi dan peruntukkan untuk segera melaporkannya kepada Aetra ya. Alih fungsi misalnya rumah Anda yang tadinya rumah tangga biasa lalu ada aktivitas bisnis di dalamnya, atau anda membangun rumah sehingga luas bangunan pun bertambah, maka Anda harus melaporkannya pada Aetra.

Hal ini sesuai dengan Perda DKI Jakarta no. 11 tahun 1993 tentang Pelayanan Air Minum di Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Pasal 6 Bab III: Setiap perubahan atau pemindahan klasifikasi jenis pelanggan, pelanggan wajib melaporkan secara tertulis kepada PAM Jaya/Aetra)

Demikian sahabat, sudah paham ya pengertian seputar kelompok pelanggan dalam sistem tarif air ? Untuk lebih jelas mengenai daftar tarif sesuai kelompok pelanggan, sahabat dapat mengakses tautan berikut ini Info tarif dan biaya

Terakhir, tetaplah menggunakan air bersih sesuai dengan kebutuhan, ya Sahabat J