HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

Sayangi Bumi, Tanam Pohon Sedari Dini

  • Posted by admin
  • 22 January 2017

Sahabat Aetra, tanggal 10 Januari lalu dunia memperingatinya sebagai Hari Sejuta Pohon Sedunia. Setiap tahunnya pada tanggal tersebut banyak kelompok peduli lingkungan beramai-ramai menanam pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap bumi, yang sudah menjadi tempat tinggal manusia selama berabad-abad. Bumi yang sudah semakin tua dan hutan yang semakin lama kian menyusut menjadi salah satu alasan digerakannya kegiatan menanam pohon.

Manfaat Pohon

Sahabat tahu tidak bahwa satu batang pohon dewasa dapat memberikan pengaruh positif untuk keberlangsungan hidup kita? Satu pohon dapat menghasilkan 1,2 kg oksigen per hari, sedangkan orang bernafas perlu 0,5 kg oksigen per hari. Jadi, satu pohon dapat menunjang kehidupan 2 orang. Selain menghasilkan oksigen, satu pohon juga menyerap karbondioksida sebanyak 14kg per tahunnya. Manfaat lainnya, sekumpulan pohon dapat mencegah bencana alam seperti; tanah longsor, erosi, banjir, dan membantu penyerapan air hujan ke dalam tanah serta dapat menyimpan persediaan air tanah agar memiliki persediaan saat musim kemarau tiba. Dengan segala manfaatnya, pohon sangat diperlukan untuk menjaga kelestarian hutan, tanah, air dan udara, juga membantu mengatasi dan mencegah kerusakan bumi akibat tindakan manusia.

Pohon Menyimpan Air Tanah

Dikaitkan dengan air tanah, pohon memliki hubungan yang sangat erat. Akar pohon mempunyai fungsi menahan laju air hujan yang jatuh ke permukaan tanah yang kemudian disimpan menjadi cadangan air untuk menghadapi musim kemarau, sehingga ketersediaan air tanah tetap terjaga secara berkesinambungan, menjadikan debit mata air, sungai dan danau tetap besar, serta tidak terjadi kekeringan pada musim kemarau dan pada musim penghujan bencana banjir tidak terjadi. Tidak hanya itu saja, akar pohon juga mampu mengikat buti-butir tanah sehingga dapat mencegah terjadinya erosi dan terjadinya tanah longsor.

Sebuah penelitian mengatakan, hutan dengan pohon berdaun jarum mampu membuat 60 persen air hujan terserap tanah. Sedangkan, hutan dengan pohon berdaun lebar mampu membuat 80 persen air hujan terserap tanah. Dengan kemampuan ini, pohon dapat membantu meningkatkan cadangan air tanah yang berujung pada kesejahteraan manusia dan keberlangsungan hisup seluruh makhluk di plnet bumi ini.

Sahabat Aetra, sangat penting bagi kita untuk lebih peduli dengan alam terutama melihat banyak sekali yang pohon berikan untuk keberlangsungan hidup manusia dan makhuk hidup lainnya. Kegiatan menanam pohon memang penting dan diperlukan, namun lebih penting lagi untuk menjaga pohon itu tetap tumbuh dan hidup agar terus memberikan manfaat bagi kita semua.