HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

KALIBRASI METER AIR, Ini lho INFO PENTINGNYA

  • Posted by admin
  • 8 November 2016

Sahabat Aetra, fungsi Meter air sebagai alat pencatat jumlah pemakaian air di rumah, tidak sulit memahaminya kan? Namun, kalibrasi meter air, gak semua tahu persis fungsi dan prosesnya bukan? Yuk, mari kita simak seluk beluk fungsi dan kalibrasi Meter air ini.

 

1. Apa sih Kalibrasi itu?

Setiap kita menggunakan jasa taxi, tak jarang kita iseng memperhatikan apakah argo meter taxi tersebut bekerja dengan baik. Sebenarnya, kita pun perlu memperhatikan meter air di rumah. Bisa saja meter air maupun argo taxi itu, karena berbagai faktor, sudah berjalan tidak normal. Nah, kalau menemui kondisi ini tentu Anda tak bisa minta pak sopir taxi membongkar argonya seketika itu juga.

Oleh karena itulah, pihak penyedia jasa, baik pengusaha taxi, atau pun PT. Aetra Air Jakarta, memiliki kewajiban berdasarkan perundangan yang berlaku untuk memastikan keakuratan alat pencatat sesuai standar. Proses memastikan akurasi meter pencatat Inilah yang disebut dengan proses kalibrasi.

Secara definisi kalibrasi itu adalah serangkaian kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkannya dengan standar ukurnya yang mampu telusur ke standar nasional dan/atau internasional.

 

2. Bagaimana Cara Meminta Aetra Melakukan Kalibrasi?

Aetra melakukan kalibrasi secara rutin terhadap meter-meter yang sudah berusia di atas dua tahun sampai lima tahun, bergantung besaran diameter meter air. Aetra juga melakukan kalibrasi secara Adhoc untuk kasus-kasus khusus meter air misalnya, meter tertimbun, atau terendam, dll.

Meski pun demikian, pelanggan bisa meminta Aetra untuk melakukan kalibrasi bila merasa meter airnya berjalan tidak normal. Caranya, pelanggan menghubungi Contact Center Aetra di 86909999 atau melalui media sosial Aetra: Facebook PT. Aetra Air Jakarta-Official Account, Twitter @aetraJKT, atau email-website kami kontak.aetra@aetra.co.id untuk melaporkan kondisi meter airnya. Anda juga dapat datang langsung ke kantor Area Business (AB) untuk mengisi form pengajuan kalibrasi yang sudah disediakan. Oh, ya, Pengajuan kalibrasi tersebut tidak dikenakan biaya ya Sahabat Aetra.

 

3. Bagaimana Aetra Melakukan Proses Kalibrasi?

  1. DI RUMAH PELANGGAN. Aetra bisa melakukan kalibrasi terhadap meter air secara langsung di rumah pelanggan dengan menggunakan alat yang mudah dibawa-bawa, Portable Test Bench (untuk meter air pelanggan rumah tangga berdiameter 15 mm). Biasanya hal ini dilakukan atas permintaan pelanggan yang meragukan kinerja meter airnya. Namun, Aetra juga melakukan proses kalibrasi ke rumah pelanggan sesuai program terjadwal, guna mencegah kerugian pelanggan akibat meter air tidak normal.
  2. DI WORKSHOP METER AETRA.

Untuk meter-meter baru, Aetra melakukan proses kalibrasi di Workshop Meter Air Aetra, di Jl Raya Kalimalang no 89, Jakarta Timur, menggunakan alat Permanent Test Bench. Di tempat yang sama, Aetra juga melakukan proses kalibrasi untuk meter-meter pelanggan Key Account (Pelanggan industri berdiameter 15 mm sd 300 mm).

  1. LEGALITAS KALIBRASI. Setelah proses kalibrasi tersebut, proses selanjutnya adalah proses legalitas kalibrasi yang dilakukan oleh pihak berwenang, yaitu Balai Metrologi Dinas Koperasi UMKM Dan Perdagangan Provinsi DKI Jakarta, Jl BGR I/1 Perintis Kemerdekaan, Jakarta 14240.

4. Bagaimana hubungan kerja antara Aetra dengan Balai Metrologi ?

a. Metrologi berfungsi melakukan tera/tera ulang terhadap alat-alat ukur yang habis masa teranya

b. Metrologi mengontrol dan memonitor Aetra dalam hal aktivitas kalibrasi meter air yang dilakukan oleh Aetra

c. Metrologi juga menguji dan mengetes alat kalibrasi Aetra apakah sudah akurat dan layak sesuai regulasi yang ada

d. Bila ada permasalahan akurasi meter air antara Aetra dan pelanggan, maka Metrologi dapat menjadi penengah. Bila diperlukan, pengujian dapat dilakukan oleh Metrologi

e. Aetra sebagai penyedia Workshop Meter, yang menjalankan proses kalibrasi, wajib menjaga Workshop Meter Air dan semua peralatan yang digunakan sebagai alat kalibrasi dalam kondisi akurat dan baik sesuai regulasi yang ada

f. Metrologi melakukan sertifikasi terhadap semua SDM (Sumber Daya Manusia) yang bekerja di bidang Kemetrologian dalam hal ini SDM Aetra yang bertugas melakukan kalibrasi meter air baik di Workshop Meter Aetra maupun di lapangan

 

5. Bagaimana Tindak Lanjut Aetra Setelah Kalibrasi?

Tadi disebutkan bahwa Aetra melakukan kalibrasi meter langsung di rumah pelanggan, baik atas permintaan pelanggan, ataupun berdasarkan program terjadwal. Nah, setelah itu, Aetra akan mengevaluasi hasil kalibrasi tersebut sebagai berikut:

a. Pengangkatan Meter . Ini dilakukan bila nilai akurasi <=-20% atau ada indikasi illegal, maka meter di rumah pelanggan tersebut akan diangkat ke ruang bongkar meter, sementara pelanggan diberikan meter baru.

b. Penggantian Meter . Yaitu apabila nilai akurasi antara -4%> s/d >-20%, maka akan dilakukan penggantian meter. Meter air di rumah pelanggan akan diambil kembali oleh Aetra.

c. Flushing Meter Air . Apabila nilai akurasi >+4%, maka meter air direkomendasikan untuk di-flushing. Flushing meter air adalah proses membersihkan meter air dari kotoran sehingga akurasi meter pulih kembali. Setelah flushing, meter air dikalibrasi kembali untuk memastikan nilai akurasi meter airnya. Apabila masih tidak akurat, maka meter akan diganti.

 

6. Apa Saja yang Memengaruhi Akurasi Meter Air ?

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keakuratan meter air:

  1. Faktor Kelas Metrologi

Kelas metrologi adalah klasifikasi meter air berdasarkan nilai akurasinya/sensitivitasnya. Kelas metrology meter air ada dari kelas A hingga D, dan Aetra sendiri menggunakan meter air kelas B dan C.

  1. Faktor Kualitas A ir

Kualitas air yang kurang baik, seperti mengandung pasir atau material lainnya, akan menghambat laju putaran kipas pada meter air, sehingga mempengaruhi akurasinya. Tumpukan material pada kipas meter air bisa membuat meter air macet/mati, sehingga memerlukan flushing meter air.

  1. Faktor Usia Meter

Seringkali pelanggan mengira bahwa meter air yang terpasang di rumah dalam keadaan normal, baik dari segi akurasi maupun fisik meter air yang terlihat masih baik. Namun, sebenarnya, meter air itu senantiasa mengalami penurunan akurasi karena terus bekerja non stop 24 jam melayani pelanggan.

  1. Faktor Kesesuaian Diameter Meter Air

Meter air yang tidak sesuai antara besaran diameter dan besaran pemakaiannya dapat mempengaruhi akurasi meter

 

Aetra senantiasa memperhatikan akurasi meter air, antara lain, dengan melakukan kalibrasi. Hal ini karena adalah Kewajiban Aetra dalam melaksanakan kalibrasi diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 70/M-DAG/PER/2014 tentang Tera dan Tera Ulang Alat-Alat Ukur, Takar, Timbang, dan perlengkapannya, yang menyebutkan bahwa:

“Setiap pemilik usaha yang menggunakan alat ukur sebagai alat transaksi, maka wajib mengikuti peraturan tersebut. Dalam hal ini Aetra sebagai penyedia air bersih menggunakan alat ukur meter air sebagai alat transaksi”

Meski pun demikian, ingat loh Sahabat Aetra, pelanggan pun punya kewajiban memelihara meter air agar terjaga akurasinya berdasarkan Perda DKI Jakarta no 11/1993 pasal 10 (2)

“Bahwa sejak pemasangan meter air, pelanggan wajib memelihara meter air, pipa dinas, pipa persil, segel pabrik dan segel dinas yang ada dalam persil beserta kelengkapannya”.

Demikianlah, Sahabat Aetra hal hal yang perlu di ketahui terkait Kalibrasi Meter Air. Ikuti juga hashtag #CaraTepatJagaMeterAir di sosial media Aetra Jakarta untuk info dan tips menjaga meter air selengkapnya.