HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

Meter Air Terawat, Akurat,Cegah Tagihan Tinggi

  • Posted by admin
  • 11 October 2016

Sahabat, sebagai pelanggan Aetra, Anda tentu familiar dengan meter air yang terpasang di rumah Anda. Fungsinya adalah untuk mencatat pemakaian air Anda setiap bulannya. Sebagai alat pencatat, maka sangat penting bagi Anda menjaga meter air agar mencatat dengan akurat. Meter yang tidak akurat di kemudian hari akan menimbulkan tagihan tinggi, yang tentu saja akan menyulitkan hari-hari Anda yang sangat berharga.

Mengapa meter yang tidak terawat dapat menimbulkan tagihan tinggi ? Salah satu sebabnya adalah karena kondisi meter air yang tidak terawat menyebabkan data di meter air tidak mudah terbaca oleh petugas. Akibatnya, kami melakukan perkiraan pemakaian air Anda berdasarkan data pemakaian Air Anda. Perkiraan ini pada dasarnya tidak akurat, bisa terlalu tinggi ditagihkan, atau terlalu rendah ditagihkan. Bila tagihan terlalu tinggi tentu merugikan pelanggan. Sedangkan bila tagihan terlalu rendah, suatu saat pelanggan akan menerima tagihan yang melonjak tinggi, karena jumlah konsumsi air yang kurang tersebut ditagihkan disertai dengan perhitungan tarif progresif (semakin banyak kubikasi pemakaian, tariff air per meter kubiknya disesuaikan)

Ada banyak kondisi meter yang tidak terawat, yang menyulitkan pembacaan meter air. Misalnya Meter air yang tertimbun oleh sampah, oleh benda-benda rontokan bangunan, oleh benda-benda berat, atau meter masuk menjorok ke dalam timbunan tanaman atau tanah di taman Anda. Contoh lainnya adalah kondisi meter terendam di dalam bak penampung, atau meter terendam karena penghuni meninggikan rumah namun meter air tetap dalam posisi semula. Pada banyak kejadian meter air dicor oleh pelanggan, atau bak meter terkunci sehingga tak bisa dibaca oleh petugas pencatat meter untuk mendapatkan angka aktualnya.

Ikuti beberapa tips menjaga meter air dengan tepat, sebagai berikut ini:

1. Pelihara meter air Anda berikut instalasinya agar tidak terendam, tertimbun maupun dicor semen.

2. Pastikan meter air Anda dalam keadaan selalu bersih dan kaca tetap jernih (tidak buram).

3. Pastikan meter air Anda tidak terhalang oleh benda-benda berat atau bak meter terkunci.

4. Periksa secara rutin apakah meter air Anda masih aktif, sudah mati, berputar terbalik, atau maju mundur.

5. Pastikan posisi meter air Anda dalam posisi yang mudah dijangkau oleh petugas pencatat meter.

Kewajiban Pelanggan

Adalah kewajiban pelanggan untuk merawat meter air sebagaimana yang kami sebutkan di atas. Hal itu tertuang dalam Perda no 11/1993 pasal 10 ayat 2 Pelanggan wajib memelihara meter air, pipa dinas, pipa persil, segel pabrik dan segel dinas yang ada dalam persil berserta kelengkapannya ”.

Nah, sekarang saatnya memeriksa kondisi meter air Anda di rumah ya, Sahabat. Ketahuilah dengan baik cara menjaga meter air dengan tepat. Tentu saja Aetra pun aktif melakukan pendataan kondisi meter air Anda. Setiap pencatat meter yang mengunjungi rumah Anda akan membuat Pesan Khusus mengenai kondisi meter Anda melalui komputer genggamnya. Pesan-pesan khusus itu langsung masuk ke dalam sistem untuk dianalisa dan ditindaklanjuti oleh Aetra, sesuai dengan kondisi meter air Anda. Mungkin akan dilakukan pembersihan meter, kalibrasi, atau pemindahan meter air. Berikanlah akses masuk petugas pencatat, karena mereka tidak hanya mencatat jumlah konsumsi air Anda melainkan juga mencatat kondisi meter air Anda.

Meski pun Aetra aktif melakukan pendataan, tentu pelanggan dapat bekerja sama dengan baik dengan merawat meter Anda, serta juga melaporkan kondisi meter air ke Contact Center 24 Jam Aetra di 021- 86909999.

SEBAB TAGIHAN TINGGI LAINNYA

Selain karena meter tak terawat, tagihan tinggi bisa juga terjadi ketika terdapat kebocoran pada pipa instalasi dalam rumah Anda. Ini juga harus diwaspadai. Untuk menyalurkan air bersih ke rumah-rumah pelanggan, Aetra menggunakan pipa dinas yang panjang standarnya dari pipa tersier hingga ke meter air di rumah Anda adalah enam meter. Sedangkan pipa instalasi di dalam rumah adalah pipa setelah meter air sampai ke titik kran di rumah Anda, yang menjadi tanggung jawab pelanggan, termasuk bila ada kebocoran pada pipa jaringan ini. Karenanya lakukan pengecekan kebocoran instalasi dalam dengan mematikan seluruh keran air, tunggu satu jam, lalu cek apakah meter air sudah tidak berputar, yang menandakan tak ada kebocoran di instalasi dalam rumah Anda.

Selain itu, tagihan tinggi juga bisa karena tindakan pelanggan melakukan stand tempel yaitu menempelkan catatan angka meter air pada selembar kertas dan menempelkannya pada bagian depan rumah agar petugas pencatat meter membacanya. Pencatat tidak akan mengindahkan angka tersebut dan pemakaian air Anda tetap dilakukan perkiraan berdasarkan data pemakaian Air Anda, sebagaimana dijelaskan di atas.

Kami menghargai waktu yang Anda punyai. Hindarkan tagihan tinggi yang dapat merugikan waktu Anda untuk penyelesaiannya dengan menjaga meter air secara tepat.