HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

7 Tips Cegah Tagihan Tinggi

  • Posted by admin
  • 7 September 2016

Sahabat Aetra, apabila tagihan air anda tiba-tiba tinggi dari biasanya, kondisi ini seringkali disebabkan oleh beberapa faktor yang tidak diperhatikan sebelum pembengkakan biaya terjadi. Cara-cara berikut ini akan membantu anda mencegah tagihan tinggi;

1. Biasakan Tidak menggunakan stand tempel

Menggunakan stand tempel (menuliskan angka pada meter di selembar kertas dan menempelkannya di dinding di depan rumah) akan berisiko tidak akurat. Selain itu, Aetra tidak akan mengindahkan angka tersebut dan akan memberlakukan pembacaan secara perkiraan sistem terhadap pelanggan yang menggunakan stand tempel. Anda sebaiknya member akses masuk petugas agar pembacaan akan lebih akurat.

2. Bila petugas baca meter Aetra datang, berilah izin untuk mencatat meter air secara langsung.

Seperti yang sudah dituliskan pada cara nomor 1. Anda sebaiknya memberi akses masuk pada petugas pencatat meter air Aetra untuk mencatat secara langsung dari meter air di rumah Anda.. Petugas Aetra tidak hanya bertugas mencatat meter air Anda melainkan juga mengecek kondisi meter air dalam keadaan baik apa tidak. Oleh Karena itu kami imbau pelanggan untuk tidak membacakan angka meter dari balik pagar seraya melarang petugas Aetra masuk.

3. Pelihara meter air agar tidak terendam, buram, atau tertimbun.

Meter air yang terendam, buram dan tertimbun akan menyulitkan petugas Aetra untuk membaca meter air. Usahakan untuk selalu menjaga agar meter air dapat terbaca dengan jelas sehingga mengurangi kesalahan saat petugas mencatat meter air.

4. Jangan biarkan meter air anda terhalang oleh benda-benda berat, atau bak meternya terkunci.

Meter air yang terhalang oleh benda-benda berat, tertutup dan terkunci akan menghalangi petugas mencatat meter secara langsung sehingga pencatatan kurang akurat.

5. Periksa meter air apakah masih aktif atau sudah mati, atau berputar terbalik, atau maju mundur.

Berikut adalah contoh meter air normal;

6. Rajinlah mengecek stand meter setiap bulannya

Rajinlah memeriksa stand meter yang tercetak di rekening Anda dengan yang tertera di meter air Anda . idealnya Anda memeriksanya langsung pada saat menerima tagihan. Namun, bila Anda memeriksa keesokan harinya tak masalah, hanya saja angka pada meter air Anda sudah bergerak sedikit dari angka yang tertera di tagihan Anda.

7. Pastikan tidak ada kebocoran pada pipa instalasi dalam rumah Anda (pipa setelah meter air yang masuk ke rumah Anda)

Caranya:
1. Matikan seluruh kran air di rumah.
2. Tunggu sekitar 1 jam
3. Lihat keadaan meter air anda berputar atau tidak.
4. Bila berputar, hal ini berarti pipa setelah meter air (instalasi dalam rumah Anda) mengalami kebocoran.
5. Segera temukan titik bocor, kemudian secepat mungkin diperbaiki.