HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

Waspada Kualitas Air Tanah di Musim Kemarau

  • Posted by admin
  • 22 August 2019

Tahukah Sahabat, musim kemarau bisa berdampak pada kualitas air tanah?

 

Penurunan kualitas air di musim kemarau, secara sederhana dapat dilihat secara kasat mata; misalnya air berwarna lebih pekat, kuning dan berbau dari biasanya. Kondisi ini disebabkan karena banyaknya zat – zat polutan yang tidak hanyut oleh zat pengencer, yaitu air. Dengan tidak adanya hujan yang cukup lama, artinya zat – zat tersebut akan masuk ke dalam tanah dan mengotori air tanah. Seperti halnya yang diungkapkan oleh pakar air, Dr Ir Firdaus Ali, M.Sc, musim kemarau membuat konsentrasi zat polutan meningkat, "Ibaratnya kalau musim hujan, air banyak terus limbah pembuangan bisa terbawa oleh air. Tapi kalau air sedikit, limbahnya sama saja dan nanti akan tetap berada di tanah, lalu terserap lagi oleh airnya," (sumber: health.detik.com)

 

Kondisi air tanah yang telah terdegradasi tentu saja dapat membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi secara langsung, karena membawa bakteri dan kotoran yang menimbulkan penyakit. Apabila Sahabat masih menggunakan air tanah untuk kebutuhan sehari-hari, sebaiknya mewaspadai perubahan kualitas air tanah yang kasat mata. Lakukan filterisasi air dengan alat filter yang sudah tersedia atau membuat sendiri secara manual dari bak berisi ijuk, pasir, kerikil dan kayu arang.  Namun demikian, harus diingat bahwa meskipun sudah difilterisasi dan direbus sampai mendidih, air tanah yang tercemar zat-zat kimia tetap terindikasi tidak layak dikonsumsi karena zat kimia yang menetap pada air (bahkan konsentrasinya semakin pekat).

 

Mengingat kualitas air tanah yang semakin berkurang, baik kualitas maupun kuantitasnya di musim kemarau, air bersih perpipaan yang dikelola oleh perusahaan pengolahan air minum seperti Aetra Air Jakarta menjadi pilihan yang dapat diandalkan. Selain sudah melewati pengawasan ketat dan proses uji laboratorium setiap hari, air bersih perpipaan Aetra Air Jakarta juga sudah sesuai dengan standar Permenkes RI untuk kualitas air minum. Bahkan, untuk menjamin keyakinan prosesnya tidak tercemar oleh bahan-bahan tidak Halal, baru-baru ini Aetra Air Jakarta telah mendapatkan Sertifikasi Jaminan Halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Adanya akses sarana air bersih dan terjamin kualitasnya untuk keluarga menjadi salah satu faktor yang harus dipenuhi dalam 12 indikator keluarga sehat menurut Kementrian Kesehatan RI. Jadi tunggu apa lagi, yuk beralih ke air perpipaan sekarang juga J