HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

JAGA LINGKUNGAN DENGAN IKUT GERAKAN TANPA SEDOTAN

  • Posted by admin
  • 31 March 2019

No Straw Movement atau gerakan tanpa sedotan berhasil mengubah kebiasaan dari menggunakan sedotan plastik menjadi tidak menggunakannya lagi atau mulai membawa reusable straw (sedotan yang dapat digunakan berulang kali) seperti stainless straw; yang merupakan sedotan yang paling digemari anak muda dewasa ini. Seperti yang kita tahu, gerakan ini dilakukan guna mengurangi sampah plastik yang kian hari kian bertambah dan berdampak buruk bagi lingkungan. Sejalan mendukung gerakan ini, beberapa restoran cepat saji dan kafe-kafe pun sudah mulai mengganti sedotan plastik dengan sedotan yang lebih ramah lingkungan seperti sedotan bambu, sedotan kaca bahkan yang terbaru adalah sedotan beras yang bisa dimakan.

 

Menjaga lingkungan sebaiknya sejalan juga dengan menjaga kesehatan diri. Mulai dari hal kecil yaitu membersihkan reusable straw seperti sedotan stainless. Penggunaan yang berkali-kali beresiko tinggi untuk menyimpan bakteri, maka pastikan sedotan bersih dengan mengikuti tips mudah membersihkan dan merawat sedotan stainless berikut. Simak yuk!

 

1. Cuci di bawah air yang mengalir

Langkah pertama saat mencuci sedotan stainless adalah mengalirinya di bawah air. Mencuci di bawah air yang mengalir ini dapat merontokan sisa-sisa minuman dalam sedotan.

2. Bersihkan dengan sabun

Setelah dialiri air, maka selanjutnya basahi sikat pembersih sedotan dengan sabun khusus cuci piring. Setelah sikat dipenuhi busa, mulailah bersihkan bagian dalam sedotan dengan menggosoknya berulang kali. Untuk sedotan jenis logam seperti ini, Sahabat perlu menyikatnya 1-3 kali agar benar-benar bersih dan tidak ada bau yang menempel.

3. Tambahkan baking soda

Baking soda bisa kamu gunakan jika ketika sudah mencuci dengan sabun namun masih ada sisa-sisa minuman yang menempel. Biasanya, minuman seperti jus buahlah yang seratnya sering lengket dibagian dalam sedotan. Jangan khawatir, Sahabat cukup membubuhkan sedikit baking soda pada sikat pembersih dan gosok-ulang bagian dalam sedotan lalu bilas hingga bersih.

4. Air panas

Nah, jika merasa sudah membersihkannya berkali-kali namun bau dari sisa minuman masih saja menempel, bisa diatasi dengan air panas. Siramlah sedotanmu dengan air panas setelah mencuci dan membilasnya dengan sabun.

5. Pastikan benar-benar kering

Setelah selesai dicuci, pastikan sedotan sudah benar-benar kering sebelum menyimpannya kembali ke dalam sarung atau pouch. Ketika mengeringkan, sebaiknya taruh dalam posisi berdiri agar airnya benar-benar mengalir sehingga bagian dalamnya kering.

 

Tentu Sahabat juga tidak ingin melihat bumi di mana tempat kita tinggal semakin hancur, bukan? Jadi, apa salahnya melakukan gerakan-gerakan seperti no straw movement ini. Mari lanjutkan terus usaha mengurangi limbah plastik demi masa depan lebih baik. #NoStrawMovement!