HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

Rumah Aman Saat Ditinggal Liburan

  • Posted by admin
  • 11 April 2016

Untuk sebagian orang tahun baru saat yang tepat untuk berhenti sejenak dari kehidupan sehari-hari ataupun rutinitas kerja sehari-hari dengan menghilangkan lelah berlibur ke berbagai destinasi wisata di Indonesia ataupun luar negeri. Biar perasaan Anda tenang saat meninggalkan rumah, simak beberapa tips agar rumah Anda aman saat ditinggal liburan.

1.       Pastikan Anda tidak buat status di sosial media (sosmed) kalau rumah Anda kosong karena Anda sekeluarga pergi liburan. Mungkin sebagian orang mengganggap keren akhirnya bisa liburan sekeluarga karena tidak semua orang bisa pergi berlibur seperti Anda tapi jangan sampai buat status mengatakan rumah Anda juga kosong apalagi ada lokasi rumah Anda, karena dapat menjadi sinyal bagi orang jahat untuk mengincar harta benda yang ada di dalam rumah mumpung tidak ada orang di rumah. Coba cek daftar teman atau pengikut Anda di sosial media. Apakah Anda yakin mereka semua adalah orang-orang yang bisa dipercaya? So, be wise, be smart dalam bersosial media ya.


2.       Cabut semua kabel listrik, gas dan pompa air atau saluran Air sebelum Anda meninggalkan rumah. Melepas konektor alat elektronik yang tak terpakai akan meminimalisir resiko terjadinya kebakaran karena hubungan arus pendek. Resiko kebakaran lainnya bisa juga dipacu oleh tabung gas, oleh karena itu pastikan kompor gas kalian dalam kondisi yang aman.

Biasanya penghuni akan menyalakan lampu teras saat berpergian tujuannya agar mempermudah saat malam hari, rumah tetap terang. Tetapi saat pagi atau siang lampu rumah dalam keadaan menyala, kemungkinan rumah dalam keadaan kosong karena tak ada yang mematikannya. Keadaan seperti ini dapat saja mengundang orang jahat untuk masuk rumah kalian. Dengan itu, sangat berguna bila Anda memasang alat sensor cahaya pada lampu yang berfungsi mengendalikan kapan lampu menyala dan padam.

 

3.       Tutup semua akses keluar-masuk rumah Anda, periksa kembali jendela, pintu dan pagar apakah sudah tertutup rapat dan terkunci dengan benar atau belum. Untuk mengurangi kesempatan orang jahat lebih kecil dan Anda aman meninggalkan rumah walaupun dalam jangka waktu yang lama.

 

4.       Jika Anda mempunyai dana lebih, pasanglah Closed Circuit Television (CCTV) di titik-titik strategis seperti halaman, depan pagar, depan pintu, kamar dan ruang keluarga. CCTV sekarang juga dapat dimonitor dari smartphoneAnda.


5.       Sebelum meninggalkan rumah, pamitlah pada tetangga terdekat, petugas satpam dan laporkan kepergian Anda kepada RT/RW setempat. Memberitahu mereka salah satu cara terbaik agar mereka dapat ikut membantu mengawasi rumah dan memberitahu jika terjadi sesuatu dengan rumah Anda.


Selamat berlibur dan hati-hati di jalan, Sahabat Aetra!