HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Berita

Produksi Air Bersih PT. Aetra Air Jakarta Menuju Sertifikasi Halal MUI

  • Posted by Aetra
  • 13 May 2019

PT. Aetra Air Jakarta selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan para pelanggannya dengan melakukan inovasi dan perbaikan secara berkesinambungan.  Proses produksi Aetra Air Jakarta saat ini telah menerapkan standar kualitas Air Minum berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 492/MENKES/PER/IV/2010.  

 

Dalam rangka lebih meningkatkan kualitas produksi dan layanan kepada para pelanggannya, di bulan April 2019, PT. Aetra Air Jakarta tengah mempersiapkan diri untuk mendapatkan Sertifikat Halal dari LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika-Majelis Ulama Indonesia) sehingga air yang diproduksi aman bagi kesehatan pelanggan, masyarakat, dan juga terjamin kehalalannya.

 

Keseriusan Manajemen Aetra Air Jakarta untuk memperoleh Sertifikasi Halal diwujudkan antara lain dengan membentuk Tim Implementasi Sertifikasi Jaminan Halal yang memiliki tugas dan tanggungjawab Membuat rencana kerja untuk mendapatkan Sertifikasi Jaminan Halal (SJH) dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Bertanggungjawab dalam menyiapkan dan mengkoordinir sumber daya yang diperlukan untuk memperoleh Sertifikasi Jaminan Halal (SJH), Membangun Sistem Jaminan Halal secara terintegrasi, sesuai lingkup yang dipersyaratkan, meliputi untuk bahan, fasilitas dan proses produksi, produk, sumber daya manusia serta Kebijakan dan Prosedur Kerja, Menjalankan program peningkatan kemampuan Tim Implementasi Sertifikasi Jaminan Halal sehingga mampu untuk menjalankan operasional dan proses audit mutu internal Sertifikasi Jaminan halal, Menyiapkan program sosialisasi dan komunikasi mengenai implementasi Sertifikasi Jaminan Halal untuk internal dan eksternal perusahaan. Pembentukan Tim ini antara lain juga untuk memenuhi salah satu hal yang dipersyaratkan oleh standar HAS 23000, yakni: para pelaksana yang kompeten memahami persyaratan halal. Untuk itu, Tim Implementasi Sertifikat Halal mulai mengikuti Training pemahaman persyaratan HAS 23000 yang diberikan oleh IHATEC.

 

Tujuan Penerapan

 

Tujuan dari penerapan Sistem Jaminan halal adalah bertanggungjawab terhadap pelanggan dan masyarakat DKI Jakarta, khususnya di wilayah Timur yang menggunakan air bersih produksi Aetra Air Jakarta agar merasa yakin bahwa air yang dikonsumsi aman bagi kesehatan dan aman kehalalannya. 

Dengan adanya Sertifikasi Jaminan Halal ini, pelanggan dan masyarakat yang mengkonsumsi air bersih produksi Aetra Air Jakarta tidak perlu khawatir akan keharamannya, karena : 

1. Produk air minum yang dihasilkan telah terjamin Halal dengan adanya sertifikasi Halal LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI)

2. Menjamin proses produksi menggunakan bahan yang Halal

3. Menjamin pemasok berasal dari sumber yang Halal.