HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Berita

“AETRA AIR JAKARTA TURUT MENDUKUNG PERINGATAN HARI CILIWUNG BERSIH 2018”

  • Posted by Aetra
  • 27 November 2018

PT Aetra Air Jakarta selaku operator pengelola air bersih untuk wilayah timur DKI Jakarta turut mendukung acara Peringatan Hari Ciliwung yang diselenggarakan oleh Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) pada hari Minggu, 25 November 2018 bertempat di Kantor Gerakan Ciliwung Bersih, Jl. Penjernihan I, Karet Tengsin, Pejompongan Jakarta Pusat.

Bersama dengan PAM Jaya, PALYJA, Komunitas Peduli Ciliwung dan Mitra Stakeholder lainnya, kegiatan ini juga dihadiri oleh Perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup, Perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum, serta Perwakilan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sejak ditemukannya bulus raksasa pada tanggal 11 November 2011 yang merupakan endemik langka, menjadi salah satu pertanda bahwa kondisi Sungai Ciliwung sudah lebih baik kualitasnya. Berawal dari hal tersebut, maka setiap tanggal 11 November ditetapkan sebagai “Hari Ciliwung”. Penetapan tersebut merupakan inisiasi dari Gerakan Ciliwung Bersih (GCB), sebuah Komunitas dan penggiat lingkungan yang secara proaktif mengajak seluruh lapisan masyarakat  menjadikan Sungai Ciliwung tetap bersih.

Berbeda dengan Peringatan tahun–tahun sebelumnya, perayaan “Hari Ciliwung”  tahun ini diperingati di dua lokasi yang berbeda, yakni: di ECO Museum TAMAGAWA, Jepang pada perayaan tanggal 11 November 2018 dan pada tanggal 25 November 2018 peringatan juga dilakukan oleh Gerakan Ciliwung Bersih bersama dengan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) serta mitra stakeholder,  bertempat di Kantor Gerakan Ciliwung Bersih.

Selain memperkenalkan “Sahabat Sungai GCB” dan kegiatan Penanaman Pohon, Peringatan “Hari Ciliwung” juga diisi berbagai kegiatan menarik, seperti: Panen Sayuran Hydroponik dan Vertikultur, Susur Sungai, Pameran Karya Komunitas, Melukis Tembok (Mural) di sepanjang Ciliwung, Lomba Foto Ciliwung, Demo Tehnologi Penjernihan Air, Demo Tempat Olah Sampat Setempat (TOSS), Demo Panen Air Hujan, dan lain-lain.

Dalam kesempatan tersebut, Aetra Air Jakarta, PAM Jaya, Palyja dan PAL Jaya membuka booth bersama dengan tujuan memberikan edukasi lebih kepada Masyarakat.

Memasuki tahun ke-7 “Hari Ciliwung”, Gerakan Ciliwung Bersih dan Komunitas Peduli Ciliwung mengajak semua elemen Pemerintah dan Masyarakat untuk ikut menjaga dan menjadikan Sungai Ciliwung kembali bersih sehingga dapat mengembalikan ekosistem.

Kegiatan ini merupakan bentuk perwujudan pilar Tanggung Jawab Sosial Aetra Air Jakarta yaitu: Konservasi Alam dan Lingkungan.