HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Berita

Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015 untuk PT Aetra Air Jakarta.

  • Posted by Aetra
  • 14 May 2018

Senin, 14 Mei 2018 telah berlangsung pelaksanaan Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2015 Lloyd Register Quality Assurance (LRQA) kepada Aetra Air Jakarta. Sertifikat ISO 9001:2015 tersebut diterima langsung oleh Presiden Direktur Aetra Jakarta, Mohamad Selim didampingi jajaran BOD Aetra Air Jakarta. Dengan diterimanya Sertifikasi ISO 9001: 2015, semakin memantapkan komitmen Aetra Air Jakarta untuk berfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan.

 

Aetra menerapkan sistem manajemen mutu dengan mengadopsi standar ISO 9001 Quality Management System. Penerapan ISO 9001 di Aetra dimulai sejak tahun 1999, berikut catatan mengenai implementasi ISO

  • Tahun 1999 adalah tahun pertama penerapan standar ISO 9001:1994 di Aetra (TPJ) dengan lingkup impelementasi di IPA Produksi Buaran dan IPA Pulogadung. ISO 9001:1994 menekankan kepada Prosedur.

  • Tahun 2006 dilakukan migrasi ke versi ISO 9001:2000 lingkup implementasi diperluas menjadi Produksi dan Customer Services. ISO 9001:2000 menekankan kepada Preventive Action.

  • Tahun 2013 dilakukan migrasi ke versi ISO 9001:2008 lingkup implementasi meliputi semua proses di Proses Bisnis Utama dan proses Bisnis Pendukung. ISO 9001:2000 menekankan kepada Process Approach & PDCA.

  • Tahun 2018 kembali dilakukan migrasi ke versi ISO 9001:2015 lingkup implementasi meliputi semua proses di Proses Bisnis Utama dan proses Bisnis Pendukung. ISO 9001:2015 menekankan kepada Risk & Opportunity.

 

Proses migrasi ke standar ISO 9001:2015 adalah salah satu rencana perusahaan tahun 2018 ini. Sejak pertengahan tahun 2017 sudah dilakukan serangkaian kegiatan-kegiatan sebagai persiapan dalam mendapatkan sertikasi ISO 9001:2015, diantaranya.

 

  1. Menjalankan serangkaian training dengan melibatkan semua tingkatan, yaitu: Executive Briefing yang dihadiri lengkap oleh semua Board Of Director (BOD) dan Senior Management Team (SMT), Training untuk semua EMG/manager, Training untuk para Supervisor dan training untuk Internal Auditor. Selain training, beberapa kegiatan seperti workshop, seminar mengenai standar ISO 9001:2015 juga diikuti oleh beberapa perwakilan karyawan.

  2. Pemenuhan hasil audit Gap-Analysis yaitu memastikan persyaratan standar ISO 9001:2015 diimplementasi di perusahaan diantaranya adalah pengelolaan isu internal dan eksternal, pemenuhan harapan dari para pihak, implementasi KPI di semua tingkatan mulai dari korporat, grup, departemen dan individu, serta penerapan Manajemen Risiko.

  3. Pembentukan Tim Audit Mutu Internal (AMI) ISO 9001:2015 serta menjalankan proses AMI pertama dengan referensi standar ISO 9001:2015 yang merupakan kegiatan mandatory yang dilaksanakan dalam sinergi tim kerja oleh para Auditor Internal yang berasal dari berbagai departemen.

 

Penerapan standar ISO 9001:2015 ini mengedepankan kepada pengelolaan risiko dan Peluang (Risk and Opportunity) yang merupakan dasar dalam menjalankan operasional perusahaan. Saat ini di semua departemen sudah mempunyai daftar risiko dan peluang serta cara memitigasi risiko tersebut serta mengoptimalkan peluang dalam mencapai tujuan bisnisnya.

 

Para Leader di setiap Group dan Departemen perlu menentukan dan memilih peluang untuk tindakan peningkatan dan penerapannya sehingga dapat memenuhi persyaratan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Pengelolaan kebutuhan dan harapan dari pihak yang berkepentingan baik pihak eksternal maupun pihak internal, juga merupakan salah satu persyaratan ISO 9001:2015 yang mulai dijalankan oleh perusahaan.

 

ISO 9001:2015 Quality Management System merupakan tools untuk membantu perusahaan dalam menjalankan operasional dan mencapai target-target perusahaan serta untuk adanya peningkatan cara bekerja.

 

Berkualitas, Disiplin dan Kerjasama Tim dari semua lini di perusahaan merupakan kunci keberhasilan dalam mengimplementasi ISO 9001:2015 ini.